Cattegory

Kamis, 13 Mei 2010

Lestari Alamku Lestari Negeriku

Dalam KBBI, pelestarian berarti proses, cara, perbuatan, melestarikan. Sedangkan lingkungan adalah segala sesuatu yang yang menjadi sumber daya alam. Oleh karena itu, pelestarian lingkungan dapat diartikan sebagai usaha untuk melestarikan sumber daya alam. Kita tahu bahwa negara Indonesia merupakan suatu negara yang kaya akan sumber daya alam. Kekayaan itu tidak dapat diukur oleh apapun juga. Apabila kita mengingat lirik sebuah lagu “orang bilang tanah kita tanah surga, tongkat kayu dan batu jadi tanaman” .Betapa lagu itu menggambarkan sebuah negeri yang subur dan makmur.
Namun, saat ini lingkungan yang begitu indah itu telah tercemar. Pemanasan global yang telah melanda dunia ini menjadi merupakan ancaman bagi kehidupan kita. Dampak yang ditimbulkanpun nampak nyata. Setiap hari orang mengeluh “panas” . Bagaimana tidak, hutan-hutan telah banyak yang gundul, polusi udara di mana-mana akibat banyaknya kendaraan bermotor yang mengeluarkan asap. Lalu bagaimana kita melestarikan lingkungan yang sudah tercemar ini?
Upaya pelestarian lingkungan dapat dilakukan oleh semua pihak. Kegiatan ini juga merupakan bentuk rasa cinta kita terhadap tanah air. Kegiatan ini juga tidak dapat ditunda-tunda lagi. Hal ini berpengaruh juga terhadap kelangsungan hidup anak cucu kita. Apabila pelestarian lingkungan ini dapat diwujudkan oleh semua kalangan, maka kebutuhan hidup masa sekarang dan masa depan dapat tercukupi.
Banyak hal yang dapat dilakukan untuk melestarikan lingkungan ini. Berawal dari hal-hal kecil dan dari diri kita sendirilah semua itu akan terwujud. Misalnya, dengan membuang sampah pada tempatnya. Apabila semua orang melakukan hal itu, maka tidak akan terjadi banjir di kota-kota besar akibat banyak sampah di sungai dan saluran air. Namun sayang belum semua orang sadar akan hal itu. Itu hanya salah satu contoh pencemaran yang terjadi di lingkungan ini. Banyak pencemaran-pencemaran lain yang telah terjadi di negeri ini.
Itu hanya salah satu contoh kecil yang dapat dilakukan. Hal lain yang dapat dilakukan yaitu penanaman pohon. Penanaman pohon di tempat tempat yang gersang memiliki banyak manfaat. Selain untuk mengurangi polusi juga dapat membuat suatu tempat menjadi sejuk. Apabila setiap orang dapat menanam satu pohon saja, dikalikan berapa juta penduduk Indonesia. Lima atau sepuluh tahun lagi pohon-pohon yang ditanam akan tumbuh menjadi besar, tentu saja dengan cara dirawat. Maka alam dan negeri ini akan sangat lestari.

Tidak ada komentar: