Cattegory

Rabu, 12 November 2008

PPL Integratif bekal yang sangat berharga bagi calon guru


Kuliah Kerja Nyata (KKN) di masyarakat sudah mulai ditinggalkan oleh beberapa universitas, khususnya yang memiliki program pendidikan. Salah satunya Universitas Sanata Dharma (USD) Yogyakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) USD memiliki beberapa program studi. Program studi yang sudah meninggalakan KKN adalah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah (PBSID) dan Pendidikan Sejarah.
Dalam dunia pendidikan saat ini, sangat dibutuhkan calon-calon guru sebagai penerus generasi pendidik/pengajar yang professional dan berkualitas. Oleh karena itu, sebelum para calon guru memasuki dunia pendidikan yang sesungguhnya maka, para calon guru harus memiliki pengalaman yang cukup. Untuk itu, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma mengadakan program tahunan yang wajib diikuti oleh para mahasiswa FKIP USD yaitu Program Pengalaman Lapangan (PPL) sebagai perwujudan yang nyata dari teori-teori yang telah diperoleh selama mengikuti kuliah.
PBSID, mulai angkatan 2004 tidak memberlakukan KKN di masyarakat dan diganti dengan nama PPL integratif. PPL integratif adalah gabungan dari PPL dan KKN. Dengan digabungankannya kegiatan tersebut sangat membantu mahasiswa dalam pelaksanaan, karena dilaksanakan secara bersamaan dalam waktu kurang lebih tiga bulan bagi yang sistem blok dan satu semester bagi yang sistem sebaran. Mahasiswa tidak hanya praktik mengajar saja di sekolah. Tetapi, mahasiswa juga dilatih bagaimana menjadi seorang guru yang sesungguhnya.
Dari pengalaman selama tiga bulan di sekolah, bergaul dengan siswa, guru, dan karyawan sangat berguna bagi mahasiswa. Di mana hal tersebut akan menjadi bekal yang sangat berharga ketika kelak menjadi guru yang sesungguhnya. Tugas seorang guru tidak hanya mengajar. Banyak hal yang harus dilakukan oleh seorang guru di sekolah.

Tidak ada komentar: