Cattegory

Kamis, 06 November 2008

PRESENTASI SEBAGAI SEBUAH METODE PEMBELAJARAN


Metode pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang sudah ada dan banyak dilakukan di SMP adalah diskusi kelompok. Dengan menggunakan metode ini, para siswa diharapkan dapat saling belajar bekerja sama dan saling berkomunikasi secara lisan sehingga mampu memecahkan masalah yang didiskusikan. Berdasarkan pengalaman di lapangan, penggunaan metode diskusi kelompok memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan metode ceramah, misalnya, yang selama ini mendominasi kegiatan pembelajaran. Melalui metode ini, kegiatan pembelajaran tidak lagi berpusat pada guru. Siswalah yang lebih aktif terlibat dalam kegiatan pembelajaran, sedangkan guru hanya memosisikan diri sebagai fasilitator pembelajaran. Misalnya guru memberikan komentar atau membenarkan ketika ada kesalahan dilakukan siswa dalam proses penyajian atau presentasi.

Menurut Bu Asih, guru SMP N 2 Tempel, “ keunggulan lain yang dimiliki metode diskusi kelompok, di antaranya membantu siswa belajar berpikir berdasarkan sudut pandang subjek bahasan dengan memberikan kebebasan siswa dalam praktik berpikir. Misalnya, ketika satu kelompok berpresentasi, kelompok lain sudah mampu menganalisis kesalahan kelompok tersebut; mengembangkan motivasi untuk belajar yang lebih baik; menggunakan bahan-bahan dari anggota lain dalam kelompoknya; dan memberikan kesempatan pada siswa untuk memformulasikan penerapan suatu prinsip. Meskipun demikian, metode diskusi yang digunakan masih memiliki kelemahan, yaitu belum semua siswa terlibat aktif dalam kegiatan diskusi kelompok dan siswa masih mengalami kesulitan mengemukakan pendapat dan tanggapan teman sekelasnya,” jelasnya. Pembelajaran diakhiri dengan refleksi berupa koreksi keseluruhan dan pujian bagi kelompok yang tampil dengan baik sehingga siswa termotivasi untuk menjadi lebih baik pada kesempatan yang akan datang.

Tidak ada komentar: